Cara mengatasi rasa mengantuk setelah makan

Dalam banyak situasi, rasa sedikit lelah atau mengantuk setelah makan normal terjadi. Ini terutama dikarenakan permen, coklat, nasi, ataupun roti yang kita konsumsi, karena makanan tersebut mengandung beberapa tingkat gula. Makanan yang manis membuat otak kita menghasilkan lebih banyak serotonin, yang juga diproduksi saat malam hari untuk membantu kita tidur terlelap.

Berikut adalah dua cara mengatasi rasa mengantuk setelah makan:
  1. Kurangi makanan yang mengandung gula yang tinggi (termasuk nasi) dan tepung
  2. Pilih makanan yang tidak menimbulkan kantuk 

     Sayuran, ikan, kacang-kacangan dan ayam memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, yang membuat insulin Anda naik secara perlahan. Faktanya, makanan ini dapat membantu Anda lebih aktif dan waspada.

    Dibawah ini adalah beberapa kondisi yang harus diwaspadai jika Anda rasakan berbarengan dengan rasa kantuk setelah makan:

    1. Alergi terhadap makanan tertentu
    Jika Anda tidak hanya merasa mengantuk, namun juga mengalami diare, itu biasanya tanda Anda mengalami reaksi alergi, meskipun alergi ringan. Banyak buang gas ataupun kembung juga bisa menjadi salah satu indikatornya.

    2. Kekurangan Nutrisi
    Orang-orang yang masih dapat melihat makanan yang belum tercerna di tinja mereka, bisa saja mereka mengalami kekurangan nutrisi, dimana tubuh tidak dapat memproses nutrisi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsinya

    3. Masalah insulin
    Beberapa orang mempunyai tubuh yang tidak memproses produksi dan penggunaan insulin dengan baik. Dalam keadaan yang parah, diabetes bisa terjadi. Sedangkan dalam keadaan yang sedang, pusing kepala, kunang-kunang dan rasa lemah lesu bisa saja menjadi tanda-tanda diabetes atau tidak normalnya insulin Anda. Jika Anda merasakan hal tersebut, segera beritahu dokter.

    Kembali lagi, rasa mengantuk setelah makan adalah hal yang normal. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan protein, dibandingkan karbohidrat. Jika kondisi Anda tidak bertambah baik, hubungi dokter.

    Sumber: Sleepy After Eating

    No comments:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...