10 Aturan cara makan yang benar untuk diet yang sehat

Apakah rahasia diet yang sehat? Jawabannya bukanlah sebuah misteri. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti 10 aturan cara makan yang benar berikut ini:

Cara makan 1: Gunakanlah piring yang lebih kecil
1. Gunakanlah piring yang lebih kecil
Ahli nutrisi dari Cornell University, Brian Wansink, PhD, telah menemukan bahwa perpindahan dari penggunaan piring 30 cm ke piring 25 cm membuat rata-rata orang memakan 22% lebih sedikit kalori.

2. Pastikan setengah dari makanan Anda setiap hari adalah buah dan sayuran
Saat makan pagi, isi separuh mangkuk Anda dengan sereal, lalu tambahkan potongan pisang. Saat makan siang, makan separuh sandwich dan tambahkan dua jenis buah-buahan. Saat makan malam, pastikan 50% isi piring Anda terdiri dari salad, brokoli, kembang kol, atau apapun sayuran pilihan Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, dan secara otomatis mengurangi jumlah lemak dan kalori yang Anda konsumsi.



3. Hindari makanan fastfood
Fastfood ringan seperti burger kecil, kentang medium, ataupun diet soda, membawa sekitar 800 kalori. Saat kita makan makanan fastfood, apalagi yang kita pesan secara drive thru, otak kita menganggap makanan tersebut adalah snack (berapapun kalorinya),  yang membawa kita untuk tetap makan lebih banyak disaat waktu makan berikutnya.

4. Semakin sedikit daftar bahannya, semakin baik
Mayoritas makanan sehat hanya mempunyai satu bahan, contoh: brokoli, bayam, dll. Semakin panjang bahan yang dibutuhkan untuk memasak suatu makanan, biasanya berarti lebih banyak gula, garam, ataupun bumbu-bumbu. Lebih banyak bahan yang kurang sehat.

5. Makanan sehat tidak harus mahal
Salah satu contohnya adalah dengan terkadang mengganti daging dengan kacang-kacangan, atau membuat sandwich sendiri di rumah daripada menghabiskan uang di restoran

Cara makan 6: Siapkan waktu untuk menyiapkan makanan sehat
6. Siapkan waktu 10 menit setiap hari untuk menyiapkan makanan sehat
Penelitian dari UCLA mengatakan bahwa masakan rumahan rata-rata hanya menghabiskan waktu 10 menit lebih untuk menyiapkan, daripada menghidangkan makanan yang sudah jadi di restoran. Jangan lupa, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung lebih banyak menghabiskan waktu untuk pergi ke dokter atau ke rumah sakit

7. Latihlah selera Anda
Ketika Anda berpindah dari makanan yang tinggi lemak atau tinggi gula, kira-kira butuh satu hingga dua minggu untuk menyesuaikan selera Anda dengan makanan  baru. Latihlah dengan terus makan makanan sehat.

8. Berhenti makan sebelum Anda kenyang
Cobalah untuk makan dengan pelan-pelan, perhatikan dengan seksama apa yang Anda makan, dan berhentilah ketika Anda 80% kenyang. Setelah beberapa lama kemudian, Anda akan merasakan bahwa 'hampir kenyang' sudah cukup mengenyangkan. Penelitian menyebutkan bahwa dengan hal ini, Anda dapat mengurangi berat badan sebanyak 10 kilo pertahun.

Cara makan 9: Makanlah bersama keluarga
9. Makanlah bersama seluruh keluarga
Meskipun Anda hanya berdua ataupun dengan 12 anak, pastikan untuk memperlakukan makan malam begitu penting. Anak-anak yang makan bersama orang tuanya lebih sedikit makan makanan fastfood, jarang overeat (terlalu kenyang) dan lebih jarang kelebihan berat badan. Orang tua yang makan bersama anaknya juga dilaporkan memiliki kepuasan yang lebih tinggi terhadap kehidupan berkeluarga.

Menurut penelitian University of Minnesota dan Columbia University, keluarga yang dengan teratur makan bersama lebih jarang mengalami eating disorder (kelainan makan seperti anoreksia), penggunaan rokok, alkohol, dan narkoba. Sebuah keuntungan yang sangat besar untuk hal sesimpel makan bersama di meja makan.

10. Anda adalah apa yang Anda makan
Otak Anda tergantung dari vitalitas jantung, paru-paru, hati, ginjal, dll. Cara yang terbaik untuk menuju tubuh yang sehat adalah melalui smart eating (memilih makanan dengan cerdas)

Sumber: Top 10 Rules for Eating Right

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...