20 buah-buahan terbaik

Selain enak, buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan hingga organisasi kesehatan di Kanada, Health Canada, merekomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan sebanyak tujuh hingga delapan porsi perhari.

Jika vitamin dari buah-buahanlah yang sehat bagi tubuh, mungkin Anda berpikir untuk mengonsumsinya dalam bentuk tablet vitamin atau suplemen. Namun, buah-buahan asli yang mengandung serat, mineral, antioksidan, dan phytochemical, begitu juga vitamin yang bekerja sama untuk menghasilkan manfaat buah-buahan yang sempurna, tidak bisa Anda dapatkan semuanya melalui pil. Berikut adalah daftar 20 buah-buahan terbaik yang mempunyai padat nutrisi pembangkit energi dan pelawan penyakit:

1. Apel
Apel mengandung flavonoids yang dapat mengurangi resiko diabetes dan asma. Apel juga sebagai penyegar mulut alami dan dapat membersihkan gigi.
Tahukah Anda? 
Aroma dan rasa apel berasal dari sel yang berada di kulit apel




2. Apokat
Apokat mengandung lemak sehat yang dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol.
Tahukah Anda?
Lemak pada apokat dapat membantu perkembangan bayi

3. Pisang
Dengan lebih dari 400 miligram potassium, pisang mengandung potassium terbanyak diantara buah-buahan lain. Potassium dapat membantu mengurangi tekanan darah.
Tahukah Anda?
Orang yang alergi dengan karet latex juga mempunyai kemungkinan alergi terhadap pisang karena dua-duanya berasal dari pohon dan mengandug protein yang sama.



4. Blackberry
Warna ungu gelap pada blackberry menandakan banyaknya kandungan antioksidan antosianin yang dapat membantu mengurangi resiko struk dan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry dapat membantu memberhentikan perkembangan sel kanker paru-paru.
Tahukah Anda?
Masyarakat Yunani jaman dahulu menyebut blackberry "gout-berries", gout artinya "encok", dan menggunakannya untuk mengobati sakit encok.



5. Blueberry
Blueberry dapat membantu mengurangi resiko Parkinson dan Alzheimer.
Tahukah Anda?
Bluberry mempunyai antioksidan yang paling tinggi diantara buah dan sayuran yang lain.



6. Ceri
Ceri asam paling banyak mengandung antioxidant antosianin dibandingkan buah-buahan yang lain. Antosianin dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada arthritis dan encok.
Tahukah Anda?
Ceri asam yang ditemukan didalam selai mempunyai vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan ceri manis buah asli.

7. Cranberry
Cranberry adalah antibakteri, dan penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi infeksi saluran kemih. Penelitian terbaru juga menghubungkan cranberry dengan pencegahan batu ginjal dan borokan.
Tahukah Anda?
Jus cranberry tanpa pemanis adalah pembersih mulut yang baik, penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu membunuh kuman dan melawan gigi berlubang.



8. Anggur
Anggur mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung dengan cara mengurangi tekanan darah dan mengurangi resiko pembekuan darah. Resveratrol juga dapat membantu menghentikan penyebaran sel kanker payudara, lambung, dan usus.

9. Jeruk bali
Jeruk bali mengandung likopen dan flavonoids yang dapat membantu mencegah kanker. Jeruk bali juga sebagai pasokan pektin, serat larut yang dapat mengurangi tingkat resiko kolesterol.
Tahukah Anda?
Jeruk bali dapat menambah efek beberapa obat-obatan, termasuk statin penurun kolesterol. Tanyakan kepada apoteker Anda untuk mengetahui apakah jeruk bali dapat menganggu pengobatan Anda.



10. Kiwi
Dengan lebih banyak vitamin C dibanding jeruk, kiwi dapat membantu perkembangan dan perawatan tulang keras, tulang rawan, gigi, dan gusi. Kiwi juga dapat membantu mengurangi trigliserida dalam darah. Trigliserida yang tinggi mengingkatkan penyakit jantung.
Tahukah Anda?
Banyak orang yang memakan kiwi dengan cara mengupas kulitnya, padahal kiwi dapat dimakan sekaligus kulitnya.



11. Mangga
Mangga mempunyai antioksidan lutein dan zeaxanthin yang tinggi yang dapat membantu melindungi penglihatan dan mengurangi resiko penyakit terkait degenerasi usia.

12. Jeruk
Jeruk adalah sumber folat yang baik, vitamin yang penting bagi ibu hamil yang dapat membantu mencegah cacat saraf pada bayi. Jeruk juga mengandung hesperidin yang dapat mengurangi trigliserida dan tingkat kolesterol dalam darah.
Tahukah Anda?
Bagian putih dari kulit buah yang dapat dimakan mengandung kadar vitamin C yang ada dibuah jeruk.



13. Pepaya
Pepaya mengandung papain, enzim yang dapat membantu sistem pencernaan. Vitamin A-nya yang tinggi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.
Tahukah Anda?
Biji hitam yang terdapat didalam pepaya dapat dimakan dan mempunyai rasa yang tajam dan pedas.



14. Persik
Mengandung banyak vitamin A, persik dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi.

15. Pir
Serat larut yang banyak terdapat di dalam pir dapat membantu mencegah konstipasi. Serat larut juga dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung.
Tahukah Anda?
Tidak seperti kebanyakan buah-buahan, pir tidak matang dengan baik dipohon. Sebaliknya, pir dipanen ketika dewasa dan diberi waktu untuk pematangan dalam kondisi tertentu.




16. Nanas
Nanas mengandung bromelin yang dapat memecah protein dan membantu pencernaan. Bromelin juga dapat mencegah pembekuan darah, mengurangi perkembangan sel kanker dan mempercepat penyembuhan luka.
Tahukah Anda?
Nanas asam yang dicelupkan kedalam air laut atau air asin berubah rasa menjadi manis




17. Delima
Delima mengandung antioksidan tannis yang dapat membantu menjaga jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal dan mengurangi resiko serangan jantung.



18. Raspberry
Raspberry kaya akan asam ellagic, antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker serviks. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa raspberry mungkin dapat mencegah kanker esofagus dan usus besar.
Tahukah Anda?
Rasperberry mempunyai daya tahan yang sangat lama




19. Strawberry
Kaya akan antioksidan yang mengandung anti radang, membuat strawberry membantu mencegah arteriklorosis (pengerasan arteri) dan memperlambat perkembangan kanker tumor.





20. Semangka
Semangka sangat bagus untuk diet mengurangi berat badan karena rendah kalori dan dapat memuaskan mereka yang menyukai makanan manis.
Tahukah Anda?
Kulit dan biji buah semangka dapat dimakan





Sumber: The top 25 healthy fruits: blueberries, apples, cherries, bananas, and 21 more healthy picks
Gambar: koleksi internet

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...