Berapa banyak gula yang disarankan untuk dikonsumsi perhari

Agrikultur departemen Amerika Serikat, United States Department of Agriculture (USDA), menyarankan orang dewasa yang mengonsumsi 2000 kalori (diet) untuk mengonsumsi sekitar 40 gram (10 sendok teh) gula perhari.

Sedangkan remaja yang mengikuti diet sehat dapat mengonsumsi 18 sendok teh gula perhari. Rata-rata konsumsi remaja adalah 34 sendok teh gula perhari.

Berikut adalah daftar banyak gula yang disarankan untuk dikonsumsi perhari berdasarkan Asosiasi jantung amerika, American Heart Association (AHA):


  • Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk pria: 36 gram (9 sendok teh) gula perhari
  • Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk wanita: 20 gram (5 sendok teh) gula perhari
  • Jumlah konsumsi gula yang disarankan untuk anka-anak: 12 gram (3 sendok teh) gula perhari
kadar gula dalam cocacola dan pisang dari sugarstacks.com
USDA menyarankan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 8% kalori yang kita konsumsi perhari. Menggunakan 40 gram gula sebagai patokan (Daily Value) untuk memperjelas berapa banyak gula yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. Contoh, satu regular cup ice cream mengandung 60% dari Daily Value, frozen yoghurt rasa buah mengandung 70%, dan 12 ons soft drink atau seperempat sirup pancake mengandung 100% Daily Value.

Konsumsi gula yang banyak dapat mengakibatkan obesitas. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat indeks glikemik yang tinggi, ini akan menaikkan kadar gula dalam darah, yang selanjutnya pankreas akan mengeluarkan banyak hormon insulin.  Hormon insulin tersebut dengan cepat membersihkan kelebihan gula yang ada didarah kita yang menyebabkan tingkat gula dalam darah turun dengan cepat dibawah normal yang menyebabkan kita merasa lapar lagi. Hal ini dapat menyebabkan obesitas.

Banyak gula yang direkomendasikan pagi penyandang diabetes berbeda untuk setiap orang, tergantung apakah dia hipoglikemik*. Lebih baik Anda berkonsultasi ke dokter untuk mengerti lebih lanjut berapa banyak gula yang harus Anda kurangi dan persyaratan individual untuk gula sebelum mengikuti informasi diatas.

Sumber: How much sugar per day

*hipoglikemik
zat yg bersifat menurunkan kadar gula darah pd penderita kencing manis diabetes melitus

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...