Cara diet sehat pribadi

Banyak cara untuk menurunkan atau menjaga berat badan, informasi diet dari internet pun beragam. Namun, sudahkah ada yang memberikan hasil? Berikut adalah cara diet sehat pribadi yang biasa saya lakukan untuk menurunkan atau menjaga berat badan:

1. Makan pagi - breakfast like a princess
Karena pagi hari saatnya bersiap menuju sekolah atau kantor masing-masing, sandwich merupakan makanan yang mudah dan cepat disiapkan di pagi hari.

Menu diet:
Sandwich (tiga tangkup roti gandum) dengan isi:
a. tuna dan kacang merah, atau
b. telur goreng dan brokoli rebus
Biasakan untuk menyeimbangkan karbohidrat, protein dan vitamin di setiap porsi makanan. Pilih buah dan sayuran yang kaya akan kandungan gizi dan mineral.
Untuk menambah rasa bisa ditambah dengan menggunakan keju atau saos pilihan. 

Info diet:
Hindari nasi pada pagi hari karena dapat menyebabkan kantuk sehingga mengurangi konsentrasi di tempat kerja atau sekolah.




2. Makan siang atau makan sore - lunch like a queen
Karena makan pagi yang berat, untuk para pelajar atau pekerja yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, rasa lapar baru terasa antara jam dua dan jam empat sore. Namun bagi pelajar atau pekerja yang sedang memiliki aktivitas otak yang tinggi, contoh: ujian semester bagi pelajar, rasa lapar akan lebih cepat terasa satu hingga dua jam lebih awal.

Menu diet:
Makanlah makanan apa saja dengan gizi seimbang, nasi pun termasuk dibolehkan.
Contoh: Nasi soto padang, Kwetiauw rebus ayam jamur, dll
Makan secukupnya hingga cukup kenyang.
Hindari rasa kekenyangan yang berlebihan karena akan mengakibatkan melebarnya kapasitas perut yang dapat membuat kita merasa belum kenyang  dengan jumlah porsi makanan yang sama keesokan harinya.

Info diet:
Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, minumlah satu hingga dua gelas air putih sebelum makan. Ini dapat membuat perut merasa lebih cepat kenyang.
Serta, usahakan mengunyah makanan 10 - 30 kali sambil dinikmati. Dengan begini, otak akan menerima sinyal bahwa Anda sudah makan banyak, lalu membuat Anda merasa kenyang.


3. Makan malam - dinner like a poor
Karena sebagian besar waktu di malam hari biasanya dihabiskan untuk istirahat, rasa lapar biasanya jarang datang. Berikut adalah daftar makanan yang biasa saya konsumsi di malam hari ketika lapar menyerang.


Menu diet:
a. Salad buah atau sayur (bisa dimakan sebanyak-banyaknya), atau
b. Pisang atau buah-buahan lain dengan yoghurt (pisang dipilih karena karbohidratnya cukup untuk menahan lapar)

Info diet:
Mitos makan malam diatas jam tujuh dapat menyebabkan gendut kurang tepat. Makan lalu kemudian tidurlah yang membuat gendut. Jadi usahakan satu hingga dua jam setelah makan baru kemudian tidur.

Demikian cara diet sehat pribadi saya, semoga membantu. Selamat makan! :)

1 comment:

Diet Sehat said...

bagus sekali kak artikel dietnya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...