10 Daftar Sayuran Tersehat

Menikmati hidup dengan makan makanan sehat dan bergizi. Berikut adalah sepuluh daftar sayuran yang paling sehat dikonsumsi sesuai dengan penelitian para ahli, lengkap dengan informasi gizi dan petunjuk memasaknya untuk melengkapi masakan sayuran Anda.








1.  Brokoli, kembang kol, dan kubis
Tiga sayuran diatas mengandung banyak vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, dan zat besi yang berfungsi sebagai anti-aging, pelawan kanker, dan meningkatkan imunitas tubuh. Brokoli, kembang kol, dan kubis tidak mengurangi gizinya ketika dimakan mentah, dikukus, atau ditumis.




2. Wortel
Wortel memiliki banyak sekali karotenoid dan vitamin A. Wortel juga merupakan sumber yang bagus untuk vitamin B, C, dan K, kalium, magnesium, dan asam folat. Wortel juga mengandung serat ketika dimakan pada kondisi mentah. Wortel bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan mata serta membantu mencegah kanker.




3. Bayam, selada, dan lobak
Tetap bergizi ketika dikukus, ditumis, casseroles, atau sebagai pelengkap sup. Bayam, selada, dan lobak mengandung banyak sekali zat besi, kalium, kalsium, magnesium, karotenoid, serta vitamin B, C, E, dan K


4. Tomat
Tomat mengandung banyak sekali likopen karotenoid dan vitamin C. Tomat cocok untuk sandwiches, salad, sup, pasta saos, atau dimakan mentah.


5. Kacang polong, kedelai, kacang merah, dan kacang-kacangan lainnya
Kacang-kacangan mempunyai protein yang lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Kacang-kacangan diatas tetap sehat meskipun dalam bentuk kering, kalengan, difermentasi (tempe), ataupun dimakan mentah. Kacang-kacangan mengandung serat, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium.


6. Asparagus
Asparagus adalah sumber terbaik untuk kalium, serat, vitamin A, C, K, dan B compleks, terutama B6 dan asam folat. Hanya dengan empat tangkai asparagus yang dikukus ringan, dapat mengurangi berat badan, mengurangi peradangan, dan menurunkan depresi.


7. Daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay
Bawang putih dan bawang bombay terkenal akan natural antibiotiknya dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, dan melawan infeksi.


8. Ubi jalar dan sweet potatoes (singkong/ubi madu)
Sangat kaya akan karotenoid, vitamin A, B6, C, kalium, zat besi, dan serat. Tetap bergizi ketika panggang, digunakan dalam sup, untuk casserols atau ditumis.


9. Paprika
Paprika adalah sumber yang baik untuk kalium, mangan, serat, vitamin A, B, C, dan K. Sangat cocok untuk salad atau ditumis.


10. Labu
Labu kaya akan karotenoid, vitamin A dan C, kalium, magnesium, dan serat.


Mayoritas orang hanya mengonsumsi kurang dari tiga jenis sayuran di atas tersebut. Padahal menurut yang dianjurkan para ahli, lima atau lebih kombinasi sayuran diatas sangat baik bagi kesehatan. Selain sehat, 10 daftar sayuran tersehat diatas sangatlah mudah disesuaikan sebagai pelengkap masakan sayuran Anda. Selamat masak dan selamat makan!

Sumber: Top 10 Healthiest Vegetables List

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...